Manfaat Belajar Musik Bagi Otak

Hampir semua orang menyukai musik dari berbagai genre. Bisa dikatakan, musik adalah teman sejati kita disaat sedang menunggu, bosan, dan patah hati. Nah, melihat hal tersebut para peneliti dari Beijing Normal University di China punya ide yang sangat brilian.
 Mereka ingin tau, apa sih keuntungannya orang yang mendengarkan musik. Alhasil para peneliti ini pun melakukan sebuah penelitian dan berhasil menemukan beberapa fakta manfaat dari musik.
1. Menambah Kepintaran
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mempelajari musik bisa mempertebal korteks dalam otak yang membuat volume otak bertambah. Kalau volume otak bertambah, info-info lainnya akan tersimpan dengan baik di otak.
 
2. Menerima Informasi Lebih Cepat
Peneliti tersebut juga menunjukkan bahwa otak yang mempelajari musik merespon informasi lebih cepat daripada yang tidak. Itu dikarenakan molekul dan ‘listrik’ yang ada di dalam otak sudah terlatih untuk menyesuaikan tempo musik yang kadang lambat kadang cepat. Dan menjadikannya terbiasa dengan ritme informasi.
 
3. Kamu Bisa Menjadi Pemimpin
Sudah terbukti bahwa beberapa orang yang sukses di bidangnya pernah setidaknya mempelajari musik. Penelitian menunjukkan bahwa itu terjadi karena musik bisa memberi kamu kemampuan menjadi kreatif, bisa berkolaborasi, kemampuan ‘mendengar’ dan cara memikirkan hal yang pelik. Hal-hal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin.
Jadi ternyata mendengarkan musik itu juga bermanfaat lho, Guys!


Previous
Next Post »