31 Tokoh Inspiratif dalam Buku Inspiring Bulukumba

BugisPos –  “Langkah kecil, ubah dunia. Itulah semangat yang saya peroleh dalam buku ini. Orang-orang biasa yang melakukan hal luar biasa dengan caranya masing-masing bagi kampung halamannya: Bulukumba! Kerikil yang bertebaran itu jika disatukan akan jadi monument.” Demikian kalimat di sampul depan buku Inspiring Bulukumba. Kalimat itu adalah komentar dari Gola Gong, Penggiat literasi Rumah Dunia.


Penulis muda Bulukumba, Ivan Kavalera kali ini menggunakan nama aslinya: Alfian Nawawi dalam karyanya. Kali ini Ia menulis buku tentang Bulukumba dari sisi yang berbeda: “Inspiring Bulukumba”, diterbitkan oleh Mafazamedia, Maret 2014. Sebuah literatur berisi rekam jejak 31 sosok penting, putra asli Bulukumba dari beragam latar belakang. Di antaranya pahlawan nasional Andi Sultan Daeng Radja, aktor film Aspar Paturusi, cendekiawan nasional Prof. Mattulada, jurnalis senior dan penulis buku Usdar Nawawi, dan budayawan Maarus Lili.

Alfian Nawawi mengungkapkan, bahwa dengan mengenal 31 tokoh dalam buku ini secara lebih dekat, maka diharapkan terjadi banyak rekonstruksi cakrawala pemikiran.

“Dengan membaca keteladanan dan inspirasi mereka, maka Bulukumba dapat melakukan transformasi pada banyak perihal,” jelas penulis yang pernah siaran selama 9 tahun di Radio Cempaka Asri FM Bulukumba ini, Jumat (7/3/14).

Sementara itu penyunting buku Inspiring Bulukumba, akademisi Universitas Indonesia Timur, Sri Ulfanita, S.Pd mengungkapkan bahwa Alfian Nawawi tidak sekedar menyusun sebuah kompilasi biografi yang menarik. Ia bahkan menyusun sebuah referensi teks yang berfungsi sebagai pendukung metodologi penulisan sejarah lokal di masa-masa mendatang.

“Kita bisa membangun cakrawala pemikiran yang segar berdasarkan keteladanan 31 tokoh inspiratif di dalamnya. Kompilasi biografi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Bulukumba khususnya generasi muda, ” imbuhnya.(*)

Liputan: Ariel Profesi
Sumber: Bugispos.com
Previous
Next Post »