Nasa Temukan 10 Lubang Hitam Raksasa



TEMPO.CO, Durham - Lewat teleskop antariksa yang kuat, lembaga antariksa Amerika Serikat (NASA) menemukan tidak hanya satu, tapi 10 lubang hitam raksasa yang tersembunyi di jantung galaksi terjauh. Ini adalah temuan besar pertama bagi laboratorium observasi antariksa NASA.







NASA menyatakan penemuan ini sebenarnya terjadi secara kebetulan ketika para astronom sedang menganalisis gambar hasil teropongan Nuclear Spectroscopic Telescope Array (NuSTAR). Teleskop sinar-X ini dirancang khusus untuk berburu lubang hitam.

"Lubang hitam terlihat di latar belakang gambar yang sedang kami amati," kata David Alexander, seorang profesor di departemen fisika Durham University, yang terlibat dalam penelitian.

Tim astronom lantas memastikan temuan mereka dengan pengamatan dari pusat observasi sinar-X Chandra milik NASA dan satelit XMM-Newton milik Badan Antariksa Eropa. Keduanya ternyata juga melihat cahaya berenergi rendah yang menjadi indikasi keberadaan lubang hitam.

Alexander mengatakan, sepuluh lubang hitam raksasa yang baru saja ditemukan hanyalah awal dari ratusan penemuan lain yang diharapkan segera menyusul. "Semain banyak ditemukan, para ilmuwan akan lebih dapat memahami populasi lubang hitam raksasa," ujarnya seperti dikutip laman Space, Kamis, 12 September 2013.
[ www.aldyblue.blogspot.com ]

TERIMA KASIH
Previous
Next Post »