Sensasi Bermalam Di Rumah Sampah



NIT Wit Ridge, terdengar cukup aneh untuk sebuah rumah. Bukan hanya namanya yang aneh, bangunan ini lebih aneh lagi karena ternyata terbuat dari sampah.

Rumah yang berada di pinggiran Cambria, California, Amerika Serikat, ini merupakan salah satu contoh dari kesenian rakyat. Bangunan ini dibuat menggunakan jutaan potongan-potongan sampah daur ulang dan lebih dari 50 tahun untuk menyelesaikan pembuatannya. Nit Wit Ridge dikerjakan oleh seorang kolektor ulung sampah, Arthur Harold Beal. Sehari-harinya dia memang berprofesi sebagai pengangkut sampah lokal.

Selain itu, ia memiliki kebiasaan tidak membuang sampah-sampah yang dianggapnya masih menarik. Dengan koleksinya selama bertahun-tahun, bersama dengan sampahnya tersebut ia mulai membuat bangunan dan dikerjakan dengan kemampuan otodidaknya hingga menjadi bangunan.
Beal mulai mengerjakan proyek ini pada 1928, hanya dengan sekop bekas dan tubuhnya yang kuat. Dia mulai menggali sebuah lubang sedalam 10 meter persegi di lereng Cambria dan meletakkan koleksi sampahnya di sana, seperti dilansir dari Odditycentral.

Selama ini, dia telah menggunakan koleksi tersebut untuk membuat sebuah teras di kebun, lengkungan batu hias, air mancur, dan jalan setapak. Nit Wit Ridge berdiri dari bahan-bahan seperti kerang abalone, batu hias, kaleng bir, suku cadang mobil, kompor tua, mesin cuci, serta drum, semua jenis sampah yang bisa dia dapatkan.

Dari luar, bangunan ini seperti sangat menjijikan, namun di bagian dalam rumah ini layak seperti rumah pada umumnya. Bahkan, desainnya tak kalah dengan rumah modern.
Beal kemudian meninggal pada 1992 setelah didera sakit berkepanjangan di usia ke 96 tahun. Sesuai dengan keinginannya, abunya disebar di sekitar Nit Wit Ridge. Sejak 1999, rumah tersebut telah dimiliki oleh Michael dan Stacey O’Malley. Untungnya, pasangan tersebut juga mencintai bangunan yang terbuat dari sampah dan terus merawatnya hingga kini.
Previous
Next Post »