Membaca Buku Dengan Sensasi 4D

Pernah tenggelam dalam sebuah cerita dari buku bacaan? Sekarang Anda bisa merasakan apa yang dialami tokoh dalam buku yang Anda baca.
 Belum lama kita disuguhkan dengan teknologi 4D, dimana kita bisa merasakan langsung pengalaman yang dirasakan tokoh yang berada dalam sebuah film di bioskop khusus. Kini sebuah teknologi yang diperuntukan bagi orang yang gemar membaca dibuat untuk bisa menghadirkan sensasi serupa.

Dilansir Mashable, Kamis (30/1), MIT Media Lab membuat sebuah proyek bernama ‘Sensory Fiction’. Proyek ini menyediakan pengalaman lain bagi para pembaca yang bisa merasakan langsung dari apa yang dibacanya. Dengan sebuah rompi yang digunakan, pembaca akan merasakan efek-efek seperti pencahayaan, getaran, suhu dan kompresi untuk menghasilkan sensasi fisik yang mewakili pengaturan dan emosi yang dijelaskan dalam cerita.
Tanggapan yang dirasakan pembaca berdasarkan sensor yang telah diprogram didalam 150 LED yang diposisikan ke sampul buku yang menyala berdasarkan plot. Yang menarik, Anda bisa merasakan jatuh cinta ataupun hawa dingin yang ada di dalam cerita hanya dengan menggunakan teknologi ini. Setidaknya cukup menarik bagi Anda yang sudah lupa rasanya jatuh cinta.
[ aldyblue.blogspot.com ]
Previous
Next Post »