Kebiasaan Yang Dapat Membuat Depresi

Kebiasaan Yang Dapat Membuat Depresi

Depresi dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti trauma dan stress, namun bukan hanya masalah berat saja yang bisa memicu orang menjadi depresi. Ternyata, berbagai macam kebiasaan yang tidak sehat juga mengakibatkan orang lebih mudah menjadi depresi.
Di bawah ini ada  beberapa kebiasaan yang dapat membuat anda lebih mudah menjadi depresi.

Merokok
Depresi ternyata sering dikaitkan dengan tingkat kecanduan merokok. Sering kali orang yang sudah terbiasa merokok kan mengalami perubahan suasana hati dan cemas saat ingin berhenti merokok. Hal inilah yang menyebabkan depresi.
Kurang tidur
Anda mungkin sering merasa kesal dan cepat marah saat kurang tidur. Jika masalah kurang tidur ini terjadi selama terus menerus, besar kemungkinan anda akan mengalami depresi.
Kurang mengkonsumsi ikan
Stress dan depresi mudah terjadi karena badan anda kurang mendapat asupan omega 3. Faktanya, asam lemak omega 3 pada ikan terbukti dapat memerangi gejala depresi. Oleh sebab itu, jangan pernah melewatkan asupan ikan yang teratur bila tidak mau mendapat masalah dengan depresi.
Facebook
Melalui penelitian yang dilakukan oleh Stony Brook University, New York, kebiasaan mengakses situs jejaring sosial seperti Facebook dapat menyebabkan seseorang menjadi depresi. Dari hasil yang ditemukan terbukti bahwa anak-anak yang suka menceritakan kehidupan dan pikiran mereka melalui Facebook memiliki resiko menjadi depresi yang lebih tinggi.
Tidur dengan lampu yang menyala
Sebuah penelitian di Amerika membuktikan bahwa paparan cahaya yang terlalu banyak di malam hari bisa membuat orang menjadi depresi. Menurut Laura Fonken dari Ohio State University, cahaya dari lampu bisa membuat sel-sel tidak bisa beristirahat dengan baik.
Menkonsumsi makanan manis
Saat anda sedang stress, biasanya anda akan lebih memilih untuk memakan makanan serba manis karena dapat memberikan rasa nyaman. Namun menurut Helen Bond dari British Dietic Association, meningkatnya kadar dopamine memang dapat membantu anda meningkatkan mood, namun jika terlalu banyak dosisnya malah akan membuat anda stress.
Terpapar terik matahari
Banyak orang yang menganggap cuaca terlalu panas dapat membuat anda terserang depresi. Nyata hal itu memang benar karena terkait dengan sensivitas terhadap panas dan ketidakseimbangan hormone. Karena pada saat cuaca panas, tubuh anda akan lebih sedikit memprodukso hormone tiroid, hal inilah yang menyebabkan energy di tubuh anda berkurang.

Demikian Artikel yang berjudul Kebiasaan Yang Dapat Membuat Depresi semoga bermanfaat.

DISALIN DARI
Previous
Next Post »