Apa Pengertian Cabe-cabean dan Terong-terongan ?

Beberapa waktu yang lalu saya mendengar istilah baru yang lagi trending topic di kalangan pelajar, maksudnya adalah murid saya. Mengapa mereka tertawa saat ada guru yang ucap cabe-cabean? Tentu guru-guru tidak paham mengenai hal itu. Setelah ditanyakan ke salah satu murid, terjawab sudah penasaran itu. Saya akan bahas fenomena cabai-cabaian dan Terong-terongan disini.

Apa Pengertian Cabe-cabean dan Terong-terongan

Cabe-cabean adalah panggilan untuk remaja putri yang senang keluar malam hari dan suka melihat balapan motor liar. Sedangkan Terong-terongan adalah panggilan untuk remaja pria yang senang dengan kehidupan malam, suka bertengkar dan menghisap barang-barang yang tidak baik. Usia mereka rata-rata sama, kisaran masih SMP dan SMA.
Cabe cabean Apa Pengertian Cabe cabean dan Terong terongan ?
Banyak sekali faktor yang menyebabkan fenomena terong-terongan ini muncul ke permukaan. Paling tidak terdapat tiga faktor utama yang memiliki faktor terpenting dalam fenomena ini.
Faktor pertama cabe-cabean adalah faktor media. Seperti yang kita tahu bahwasannya media massa sekarang ini menjadi faktor utama dalam mempengaruhi masyarakat. Tayangan yang ada dalam TV tersebut mampu mengubah pola pikir remaja. Gaya hidup yang ada di sinetron hingga drama import entah dari Korea atau kehidupan barat mudah sekali dicontoh para remaja cabe-cabean.
Terong terongan Apa Pengertian Cabe cabean dan Terong terongan ?
Faktor kedua cabe-cabean adalah faktor keluarga. Para remaja memang mengenyam bangku sekolah. Namun, mereka belajar di sekolah hanya beberapa jam saja. Waktu mereka sebagian besar ada di rumah dan lingkungannya. Jadi, faktor keluarga juga sangat berpengaruh terhadap fenomena terong-terongan ini. Orang tua harus aktif dalam mengawasi putra putrinya dan tidak boleh lepas begitu saja. Kebutuhan seorang anak tidak hanya sekedar materi namun juga kasih sayang dan perhatian.
Faktor ketiga cabe-cabean adalah faktor lingkungan. Lingkungan terdekat dari remaja adalah sekolah dan teman-teman bergaulnya.

Apa Pengertian Cabe cabean dan Terong terongan Apa Pengertian Cabe cabean dan Terong terongan ?Apa Pengertian Cabe-cabean dan Terong-terongan

Bagaimana cara mengatasi dan apa solusi untuk mengatasi fenomena cabai-cabaian dan terong-terongan ini? Banyak peran yang bisa kita lakukan dan kita bisa mulai bergerak dari sekarang.
Solusi pertama adalah peran keluarga. Lingkungan paling dekat dengan anak adalah keluarga. Pendidikan awal yang di dapat remaja adalah dimulai dari keluarga. Penanaman nilai agama juga dimulai dari keluarga. Anak-anak disadarkan bahwa dia diciptakan di dunia ini dengan tujuan khusus, yakni taqwa. Orang tua menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya.
Solusi kedua adalah lingkungan. Lingkungan setelah keluarga yang perlu mendapat pengawasan adalah masyarakat. Masyrakat tentu harus ikut menjaga lingkungan yang kondusif. Sikap saling toleransi harus dijaga. Tindakkan amar ma’ruf nahyi mungkar tak boleh disepelekan.
Solusi ketiga, peran negara. Dimulai dari mengeluarkan kebijakan dan regulasi mengenai tayangan-tayangan yang ada, siaran media, lingkungan, pendidikan dan lain-lain.


Sumber: Pakiswah.com
Previous
Next Post »