6 Hal Yang Tak Boleh Dilakukan Saat Kurang Tidur




Dengan padatnya aktivitas dan sedikitnya waktu tidur, saat ini banyak sekali orang yang tak tidur cukup dan mengalami kurang tidur. Kurang tidur bisa menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan. Tak hanya membuat Anda merasa terus lelah tetapi juga mempengaruhi mental Anda. Saat kurang tidur, kesehatan mental tak begitu optimal sehingga Anda sebaiknya menghindari untuk melakukan hal-hal tertentu. Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya tak Anda lakukan saat kurang tidur, seperti dilansir oleh Huffington Post (24/01).
1. Mengemudi
 Anda tak boleh mengemudi setelah minum alkohol.
Namun Anda juga sebaiknya tak mengemudi ketika sedang kurang tidur. Dalam sebuah penelitian tahun 2012, peneliti menemukan bahwa kurang tidur yang bisa menyebabkan ngantuk bisa meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami kecelakaan. Mereka mengetahui bahwa kehilangan waktu tidur hingga empat jam bisa mempengaruhi kesehatan otak. Kurang tidur membuat kewaspadaan otak menjadi berkurang sehingga sebaiknya hindari untuk mengemudi.

2. Membuat keputusan penting
Ketika Anda sedang kurang tidur, sebaiknya juga jangan membuat keputusan yang penting. Sebuah penelitian mengungkap bahwa ada alasan biologis mengapa sesuatu terlihat seperti pilihan yang baik ketika Anda sedang lelah dan kurang tidur. Padahal sebenarnya pilihan tersebut bukan yang terbaik.
Kurang tidur menyebabkan aktivitas otak pada area yang positif menjadi lebih tinggi, dan mengurangi aktivitas otak pada area yang negatif. Sehingga terkadang beberapa hal terlihat sangat baik bagi Anda dan membuat Anda memilihnya. Dengan kata lain, kurang tidur bisa membuat anda kurang objektif dalam menimbang antara pro dan kontra.

3. Berbelanja
Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa Anda sebaiknya tak berbelanja ketika lapar. Karena akan membuat Anda membeli hal yang tak Anda butuhkan. Namun sebuah penelitian tahun 2013 juga menunjukkan bahwa hal serupa terjadi pada orang yang kurang tidur. Orang yang kurang tidur cenderung memilih makanan yang mengandung banyak kalori ketika mereka berbelanja. Hal yang sama tak ditemukan pada orang yang cukup tidur.
Kurang tidur bisa mempengaruhi pemilihan Anda pada makanan yang akan dibeli saat berbelanja. Kebanyakan Anda akan memilih makanan yang tak sehat. Hal ini karena otak orang yang kurang tidur cenderung buruk dalam hal membuat keputusan, terutama mempertimbangkan masalah kesehatan. untuk itu sebaiknya Anda tidak berbelanja ketika sedang lapar atau mengantuk.

4. Berbelanja online
Ya, tak hanya berbelanja makanan di supermarket. Ketika Anda sedang kurang tidur, sebaiknya hindari juga untuk melakukan belanja online. Ketika orang kurang tidur, mereka tak bisa membuat keputusan dengan baik. Mereka cenderung lebih mudah membuat keputusan yang tak dipikir masak-masak karena rasa lelah dan mengantuk yang tak mereka sadari. Anda akan lebih berkemungkinan membeli barang-barang yang sebenarnya tak anda butuhkan atau yang berharga mahal. Sebaiknya hindari melakukan belanja online ketika sedang mengantuk atau kurang tidur.

5. Mengonsumsi minuman berenergi
Jika Anda merasa kurang tidur dan lelah atau mengantuk, lebih baik segera tidur siang atau berjalan-jalan. Jika tak begitu lelah, Anda bisa melakukan sedikit olahraga agar kembali bugar. Jangan berpikir untuk mengonsumsi minuman berenergi, bahkan ketika Anda membutuhkan tambahan energi. Dalam minuman berenergi terdapat kandungan gula yang sangat besar dan bahan kimia lainnya yang tak sehat. Lebih baik tambah energi dengan cara yang alami daripada minum minuman berenergi.

6. Bertengkar
Ketika Anda sedang kurang tidur di malam hari, sebaiknya jangan lakukan pembicaraan serius dengan pasangan atau teman Anda. Hal ini karena kurang tidur akan membuat Anda sangat emosional dan tak stabil. Ketika kurang tidur, kemampuan otak untuk menempatkan emosi pada konteks yang jelas berkurang. otak juga menjadi kesulitan untuk mengontrol emosi seseorang.
Sebuah penelitian pada tahun 2007 mengungkap bahwa orang yang kurang tidur sekitar 60 persen lebih mudah bereaksi terhadap hal-hal negatif. Jika tak ingin pembicaraan serius Anda berubah menjadi pertengkaran sengit, sebaiknya jangan berbicara ketika sedang kurang tidur atau mengantuk.
Itulah beberapa hal yang sebaiknya tak dilakukan saat sedang kurang tidur. Anda mungkin pernah mengalami beberapa di antaranya. Kini Anda mengetahui apa saja hal yang harus dihindari ketika kurang tidur.

Source: http://light.mindtalk.com/u/idbloggerbuzz/post/52e9fa0ef7b7303cc0000b4b
Previous
Next Post »