Alarm Pendeteksi Pembuang Sampah

Ideavolutioners, kalian mungkin bisa saja melarang orang untuk membuang sampah sembarangan. Tapi bagaimana kalau ternyata orang itu memang ‘bandel’ dan sering membuang sampah secara sembunyi-sembunyi? Nah, sekarang ini ada alarm pendeteksi para pembuang sampah yang diharapkan dapat mengatasi masalah ini.



Sekelompok siswa dari SMA Lab School Untad Palu ini awalnya prihatin melihat minimnya kesadaran masyarakat akan masalah kebersihan lingkungan. Masyarakat umumnya masih sering membuang sampah di sembarang tempat khususnya di sungai. Apalagi di Sungai Palu dekat tempat mereka tinggal.


Akhirnya Rehanda Dwi Mangawe, Rutvia Meivari Elot dan Nurul Izza Tawil menciptakan alat yang kelak akan dipasang di hampir semua titik sungai dengan masalah yang sama. Alarm ini akan mendeteksi siapa pun yang ingin membuang sampah sembarangan ke sungai menggunakan sensor ultrasonik pendeteksi jarak dan membunyikan alarm agar pembuang sampah menyingkir dan mengurungkan niatnya.

Unik juga ide mereka ya guys? Ide mereka ini dituangkan dalam Lomba Karya Ilmiah Sumber Daya Air 2014. Walaupun mereka masih duduk di bangku sekolah tetapi niat mereka untuk aktif menjaga lingkungan patut kita apresiasi. Bagaimana dengan kalian? Sudahkah kalian turut serta menjaga lingkungan sekitar?
Previous
Next Post »