Software Yang Bisa Dioperasikan Melalui Mata

Sejak kecil, Luiz Fernando Cruz sudah bercita-cita menjadi seorang penemu. Tapi bukan untuk alasan material, melainkan lebih kepada cita-cita untuk bisa membantu masyarakat dengan penemuannya itu. Baru di saat ia duduk di bangku kuliah ia berhasil menciptakan penemuan pertamanya, Eyeboard, sebuah sistem perangkat lunak komputer yang dijalankan dengan kedipan mata.



Ketika di bangku kuliah, ia berkawan dengan beberapa orang yang menderita paraplegia. Paraplegia adalah kondisi penurunan fungsi motorik atau sensorik tubuh alias lumpuh. Hal ini biasanya diakibatkan cedera sumsum tulang belakang atau kondisi bawaan si penderita. Nah, dari beberapa kawannya itu ia melihat bahwa mereka mengalami kesulitan saat menggunakan komputer.


Berawal dari itu ia berusaha menciptakan sebuah alat dengan harga terjangkau yang bisa membaca gerakan mata layaknya kursor pada layar komputer. Luiz mengaku puas dengan penemuannya karena ia bisa mencapai cita-citanya sekaligus membantu sesama melalui karyanya ini. Selain itu penemuannya ini juga memberikan ia banyak penghargaan di bidang kemanusiaan. Wah, menyenangkan sekali ya bisa menggapai cita-cita sambil membantu sesama?
Previous
Next Post »