Cara Mengobati dan Mencegah Ambeien / Wasir Secara Alami Tanpa Operasi

Cara mengobati ambeien sering dilakukan dengan melakukan operasi pembedahan pada penyakit tersebut. Namun sebenarnya pengobatan ambeien tanpa operasi dapat dilakukan secara alami dengan bahan-bahan tradisional. Penyakit ambeien merupakan salah satu gangguan pada fungsi sistem pencernaan manusia. Ambeien sering disebut juga dengan wasir yang terjadi karena pencernaan yang tidak lancar dan sulitnya buang air besar, selengkapnya pada ulasan berikut.

Cara Mengobati Ambeien

Cara mengobati ambeien merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan yang terjadi pada organ anus, karena Sphinchter Ani (bibir anus), mengalami pembengkakan yang kadang-kadang disertai pendarahan. Ambeien diklasifikasi menjadi 2 yaitu :
  • Ambeien Internal – Pembengkakan yang terjadi pada bagian dalam anus (rektum), sehingga tidak dapat terlihat atau merabanya. Ambeien internal menimbulkan rasa nyeri yang ditandai dengan adanya darah pada saat buang air besar. Ambeien internal dapat bertambah besar dan keluar menuju bibir anus. Setelah sembuh, ambeien ini akan masuk sendiri, namun kita juga bisa mendorongnya kedalam.
  • Ambeien External – Jenis ambeien yang terjadi keluar pada mulut anus sehingga dapat menimbulkan rasa sakit, perih, dan gatal-gatal. Jika ambeien tersebut terdorong keluar oleh feses, maka dapat terjadi penggumpalan (trombosis), sehingga ambeien akan berubah menjadi berwarna biru-ungu.
Beberapa cara mengobati ambeien yang mudah dilakukan :
1. Menkonsumsi air putih
Kandungan dalam tubuh yang tidak tercukupi menjadi penyebab terjadinya ambeien sebab cairan yang menyebabkan gangguan terhadap proses metabolisme di dalam tubuh anda. Perbanyak konsumsi air putih terutama ketika sedang melakukan aktivitas dengan duduk yang terlalu lama.

2. Makan makanan kaya serat
Serat sangat penting bagi tubuh dalam berlangsungnya proses pembuangan kotoran atau sistem ekskresi dari dalam tubuh. Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, akan membantu proses BAB menjadi lebih lancar.

3. Minum susu
Manfaat susu sangat baik dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh anda. Susu dapat berperan dalam mengobati penyakit ambeien. Susu berperan sebagai cadangan serat bagi tubuh.

4. Menjalani pola hidup sehat
Pola hidup sehat seperti olahraga dan makan makanan sehat, akan membantu proses metabolisme yang ada di dalam tubuh untuk bekerja lebih lancar.

5. Segera Buang Air Besar
Menahan hasrat BAB bila sudah datang maka kemungkinan setelah itu anda akan mengalami kesulitan saat ingin BAB kembali. Jangan suka menahan BAB terlalu lama karena feses dapat menjadi kering dan  keras membatu sehingga sulit keluar melalui anus, hal ini akan mengakibatkan harus mengedan lebih kuat dan lebih lama lagi yang justru akan meningkatkan tekanan pembuluh darah balik pada rectum dan anus.

6. Hindari mengedan atau menahan napas berlama lama saat BAB karena akan terjadi peningkatan tekanan pembuluh darah balik di bagian bawah rectum yang akan menyebabkan munculnya gejala wasir.

Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

1. Bunga Pagoda
Bahan-bahan yang disiapkan, bunga pagoda 6-7 lembar, air 110ml, madu murni 25ml. Pembuatannya, rebus seluruh bahan sampai mendidih (kurang lebih 15 menit), kemudian saring air rebusan dan minum ramuan tersebut setiap pagi atau sore hari

2. Daun Pepaya
Cara membuat merebus daun pepaya dengan 2 gelas air, sampai mendidih lalu saring airnya dan minum setiap pagi, hingga ambeien mulai sembuh.

3. Kulit Manggis
Kulit manggis yang disebut-sebut mampu melawan gejala kanker berbahaya seperti kanker serviks, leukimia dan sebagainya juga mempu mengatasi ambeien. Caranya : rebus kulit manggis yang sudah kering sampai mendidih, setelah mendidih didinginkan dan minum air rebusan yang telah disaring tersebut.

Previous
Next Post »